Minggu, 06 November 2016

Ini Di Pulau Lombok, Bukan Di Luar Negeri

Makin jauh meniggalkan kampung halaman, semakin jelas setiap sudutnya. Setiap hal yang saya amati di negeri asing mengingatkan saya tentang masalah-masalah dengan kelebihan yang dimiliki tanah lokasi saya dilahirkan serta dibesarkan. Saya menyebut phenomena tersebut effect rindu. Effek rindu ini semakin kuat kenyataannya apabila kontra serta orang asing yang mampu berbicara Bahasa Indonesia serta prima juga sempat menjejakkan kakinya pada Pulau Pulau Lombok, saya bahkan mampu mengingat bau garam pantai yang ia sebutkan. 

Sehabis kembali dari rantauan pun, effect rindu dengan sudah ada. Efek kedua itu menyadarkan saya kalau di Pulau Lombok berada banyak suatu yang bisa membantu saya mengobati rindu bakal tempat-tempat yang sempat saya baca atau kunjungi dalam berbagai kalangan

Info Wisata Lombok dengan Rasa Luar Negeri!


1. Ini Cemare Siu tidak taman bunga musim semi di negeri empat musim


Cemare Siu terletak dalam kawasan Taman Nasional Rinjani, terhampar dalam selama Bukit Penyesalan. Keindahan hutan itu sering diabaikan pendaki karena kelelahan.


2. Ini pada Gili Petagan tak dalam Amazon


Pulau gili Petagan letaknya dalam ujung timur Pulau Pulau Lombok. Hamparan hutan mangrove yang lebar di tengah laut membentuk mangrove isle yang membuatnya terlihat sama semacam sungai.

3. Itu di Pulau gili Sunut, tidak di Afrika



Dulu gili ini berpenghuni tapi dikarenakan alasan pariwisata penduduknya dipindahkan ke pulau nomor satu. Kini pulau ini kosong telah diganti juga pohon dengan padang rumput yang menghijau di musim hujan dan terlihat mirip padang dalam Afrika pada season kemarau. 

4. Ini pada Pulau gili Nanggu bukan pada Great Barrier Reefs, Australia



Pulau gili Nanggu lokasi diwajibkan yang harus dikunjungi khususnya demi kita pencinta bumi bawah laut. Kehidupan karang yang sehat menghasilkan lokasi tersebut adalah tempat favorite demi kegiatan snorkeling. Pengunjung biasanya merebut roti demi memberikan makan ikan-ikan warna warni di laut. Pulau gili itu letaknya dalam daerah Sekotong yang merupakan sesi dari kabupaten Pulau Lombok Barat. 


5. Itu pada Lembah Sembalun tak dalam Sacred Valley pada Peru



Saat melihat lembah ini mungkin tak terpikir seumpamanya lokasi tersebut pada Pulau Lombok. Lembah Sembalun letaknya dalam bawah kaki Gunung Rinjani. Lembah itu juga dikelilingi deretan bukit serta ketinggian satu,000-2,300mdp. Deretan bukit tersebut amat seperti dan wajah Sacred Valley. Sementara tanah perkebunan dengan pertanian yang memenuhi lembah itu tampak seperti karpet hijau dari puncak bukit. 


6. Tersebut pada Gili Lontar tak pada Maldive




Gili Lontar memperoleh pasir yang halus mirip pasir putih pada Maldives. Jika menginjakkan kaki di pantai tersebut, kakimu bakal tenggelam karena pasirnya lembut semacam lumpur. 


7. Ini Danau Segara Anak dalam Taman National Rinjani tak Voss Lake dalam Norwagia.


Segara Anak merupakan satu-satunya danau yang berada di Pulau Lombok. Letaknya pada janung tengah lingkaran gunung Rinjani dengan melingkari Gunung Samalas. 

Kamis, 27 Oktober 2016

tujuh Objek Wisata yang Lagi Trend di Pulau Lombok

Info Wisata Lombok, Wisata yang lagi naik daun.


1. Pantai Bukit Tebing


Pantai tebing


Pantai Tebing Pulau Lombok Utara adalah pantai serta pasir hitam juga sesuatu tebing di sebelah selatan juga ketinggian lebih kurang 20 meter, Pantai Tebing tergolong pantai yang selalu bersih baik dalam daratan maupun pada di lautnya Read More


2. Pantai Nambung & Air Terjun Asin

Pantai Nambung

Pantai Nambung ialah suatu pantai yang memilah tidak sangat banyak dikenal rakyat, tetapi sekarang sudah sangat banyak orang yang mengetahuinya. Dalam kiri pantai ini ada suatu tanjung yang namanya Jagog. Tanjung ini mempunyai keunikan ialah terdapatnya Air Terjun Asin yang berasal dari balik bebatuan read more


3
. Pantai Semeti

Pantai semeti


Pantai Semeti ialah sesuatu pantai berciri khas unik yang memilah tidak banyak dimengerti orang. Pada kiri-kanan pantai tersebut terdapata Tanjung yang berbatu, tetapi bebatuan itu terlihat keren karena semacam terukir dengan tertata. Pantai tersebut berlokasi di antara pantai Mawun dan Selong Belanak / di samping Pantai Mawi.

4 Pantai Pink & Tanjung Ringgit



                               

Siapa yang bukan mengenal lokasi ini?..pastinya sebagian besar kamu mengetahuinya.

5. Pantai Sungkun



                               


Pantai Sungkun adalah Pantai update yang fenomenal pada Pulau Lombok. Kini pantai tersebut sedang dominan dibicarakan di media sosial. Pantai itu memiliki keunikan di pasirnya yang tersusun sejajar juga bebatuan karang di Pinggirnya. Daya tarik utama pantai ini yaitu gili berbentuk tebing seperti seperti kura-kura. Selain ini dalam bagian kanan pantai tersebut juga terdapat suatu tanjung berupa bukit yang tinggi serta diujungnya terdapat hal berugak.
Pantai itu letaknya dekat juga Pantai Surga. Sebelum pertigaan terakhir Pantai Surga, kamu tak belok kekanan tapi tinggal lurus saja. Nah pantai sungkun terletak pada ujung jalan tersebut.

6. Mangku Sakti Waterfall

                             

Nah...Itu ia ni Air Terjun yang lagi hot pada Lombok. Lokasinya ada di Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Kalo dari Ibu Kota Pulau Lombok Timur memakan kala +-2jam perjalanan memakai kendaraan Pribadi. Pada season hujan jalan akan becek dan semakin mengancam kita, sebab jalurnya tetap tanah dan turun naik (curam).


7. Pegasingan Hill

                              

                            

Kamu pengen ke Sembalun, Trekking Rinjani, juga menikmati keindahannya??. namun tenaga, ketika,/bekal tak cukup. Cobain aja nih manjat miniatur Rinjani/bukit Pegasingan. Dijamin tidak kalah apik dan rinjani.
Pegasingan dalam ambil dari nama pagelaran gasing khas pulau lombok (suatu ukiran kayu yang diputar memanfaatkan tali/alit). Read More

Rabu, 26 Oktober 2016

Pulau di Antara Lombok serta Sumbawa Itu Pasti Belum Anda Datangi! Kenawa, Pulau Ajaib Sejuta Pesona!

Info Wisata yang Satu ini Bisa Menjadi Referensi Liburan Anda

Indonesia yaitu wilayah kepulauan serta puluhan ribu pulau yang begitu apik. Berada makin dari 13 ribu pulau yang telah bernama sementara yang memilah tidak bernama selalu ada 4000an pulau. Wow! Sangat banyak hanya sekali kan? Nah uji coba deh kamu hitung sudah berapa pulau yang kamu jamah. Pasti nggak makin dari sepuluh pulau, ya kan? Ngaku deh, hehe.

Kali itu Hipwee Travel ada edisi pulau yang mengungkap seluk beluk keindahan pulau-pulau pada Indonesia. Kamu akan ulas biar kita pengen traveling ke sana. Oke, untuk edisi kali ini Hipwee bakal ulas Pulau Kenawa. Hal pulau sampingan yang unik dengan ajaib, gaes! Keingintahuan, yuk baca hingga tuntas.


Lokasi Pulau Kenawa berada pada antara Lombok juga Sumbawa. Nggak terlalu mudah dijangkau sih, tapi ya nggak terpencil juga kok.

Pulau kanawa


Bahwa menilik lokasi, agak tidak gampang sih menunjukkan letaknya pulau ini. Pasti gampang sih ketika naik kapal ferry dari Pulau Lombok menuju Sumbawa kamu berhasil berpapasan dengan pulau kecil tersebut. Letak geografisnya letaknya pada Selat Alas, Kabupaten Sumbawa Barat. Ada 2 metode menuju menuju sana. Pembuka, naik kapal nelayan dari pelabuhan Pototano, Sumbawa. Kedua, naik kapal sigap dari perairan Gili Lampu, Pulau Lombok Timur.

Bakal lebih prima seandainya anda sekalian berlibur di Lombok atau Sumbawa, Pulau Kenawa menjadi destinasi terjadinya aja



Sungguh sih, jangan jadikan Pulau Kenawa destinasi nomor satu serta satu-satunya ketika berlibur. Jadikanlah opsi merangseknya selepas berlibur menuju Pulau gili Trawangan, Rinjani ataupun Tambora. Ya, sebab pulau itu minor yang notabene makin cocok yaitu pelengkap perjalanan.

Sesampainya pada sana jangan terkejut jikalau kamu nemuin satu pulau sampingan yang bikin kita takjub dengan terpesona olehnya



Saat nelayan sudah menambatkan jangkarnya di tepi pantai, kita nggak dapat nggak ujar, WOW! Animo, mending kamu ke sana deh kepada buktiin apa yang Hipwee sampaikan ini, hehe. Atensi, kan?


Agenda sangat menarik dalam Kenawa sebagai camping gembira sambil bakar ikan. Suasananya benar-benar seakan anda menjadi pemilik pulaunya



Andai malam telah menjelang, anda hanya mendengar deburan ombak nan syahdu ditemani suara alam yang menenangkan. Sangat seru sih bakar-bakar ikan dengan bikin api unggun sih, dalam sini. Romantis serta demikian syahdu untuk menghabiskan liburan kita.

Eits, jikalau cuacanya baik, kamu mampu menonton senja temaram di balik Rinjani dengan foto milky ways yang hebat




Anda mampu memanfaatkan senja paripurna di pulau ini. Lha bayangin aja, matahari hilang pada balik siluet Rinjani nan gagah. Asyik banget kan? Berada satu lagi, kamu mampu sukses panorama foto bintang milky ways yang hebat. Ya, tentu syaratnya cuaca wajib fit dong ya. Keren banget deh. Kamu mesti coba!

Paginya, anda mesti mendaki bukit di tengah Kenawa dengan rasakan sensasi keindahannya. Dijamin nggak harap pulang!



Paginya anda harus mendaki bukit pada tengah Pulau Kenawa menurut memperhatikan panorama sunrise yang begitu keren. Ada 2 pulau besar juga gugusan pulau sampingan yang berkonspirasi dengan lautan lepas agar pemandangan di sana kian ciamik. Wah, beneran deh, seumpama udah di puncak bukit itu jadi males pulang. Pengen di situ terus, hehe.

Pas balik, anda sukses mampir menuju Paserang, Pulau gili Kondo, Gili Kapal juga Gili Bidara. Sekali berlayar 3-4 pulau terlampaui





Di sekota perairan Sumbawa terdapat segala gugusan pulau sampingan nan menyenangkan, berada Pulau Ular, Paserang, serta begitu juga Kenawa. Seumpama berlayar lebih jauh sedikit menuju arah Pulau Lombok, anda berhasil mendapatkan pulau-pulau pada tetangga Pulau Lombok Timur, ada Pulau gili Kondo, Pulau gili Bidara, maupun Gili Kapal. Satu-satu nanti akan Hipwee bahas ya. Menjadi kamu dapat membawa 5-7 pulau di seorang ketika sih. Keren kan?

Sehabis membaca ulasan Pulau Kenawa tersebut lebih pengen menjelajahi Kenawa dengan sekitarnya kan? Ayo buruan menuju sana. Kamu berhasil bareng temen-temen kita atau berhasil pakai travel yang sungguh berulang bikin trip menuju sana. Sungguh sih nggak sangat banyak. Namun berada kok. Ya, berharap trik apa yang anda pakai ke sana, yang krusial anda diharuskan segera ke sana! Hahaha…

Senin, 24 Oktober 2016

Wisata Budaya Lombok dengan Tradisi Suku Sasak

Mengenal Budaya Pulau Lombok dengan Suku Tradisional Sasak-Lombok


paket-tour-lombok-gili-trawangan-murahBudaya sebagai suatu pola hidup yang berkembang dalam publik dan diwariskan dari generasi menuju generasi. Tetapi dikarenakan ini budaya memiliki kaitan yang sangat erat serta kehidupan dalam rakyat tersebut sendiri, hal ini dipertegas menurut Melville J. Herskovits dengan Bronislaw Malinowski yang menyatakan kalau seluruh yang ada di masyarakat ditentukan tetapi kebudayaan yang dimiliki masyarakat tersebut pun. Dari pemikiran bermacam ahli didapatkan pula pengertian kebudayaan mencakup sebuah kompleksitas yang memuat pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, hukum adat, serta pernyataan intelektual yang artistik yang menjadi ciri khas suatu rakyat.

Menurut ahli antropolgi cateora, kebudayaan mempunyai bermacam komponen seperti kebudayaan material yang mengacu pada hasil ciptaan masyarakat, contohnya senjata atau perhiasan. Kedua, berupa kebudayaan nonmaterial yang berwujud dongeng, lagu maupun berita rakyat yang berada di masing-masing daerah di nusantara. Ketiga, adanya sistem kepercayaan yang dominan mempengaruhi seluruh kalangan pada memandang kehidupan. Berikutnya yakni komponen yang memuat nilai estetika juga bahasa merupakan sarana komunikasi sehari-hari.


Pada Indonesia, terdapat beragam suku bangsa. Keberagaman tersebut mencetak kebudayaan yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain, yang kemudian diketahui juga nama kebudayaan lokal yang kemudian bersinergi jadi kebudayaan nasional. Seluruh kalangan adat pada dasarnya tetap menjunjung tinggi kebudayaan lokal sebagai suatu warisan budaya dari seluruh leluhur. Tapi, tidak jarang budaya lokal makin tergerus sebab generasi muda yang seharusnya menjadi pewaris lebih condong terhadapat budaya-budaya asing yang update.



Kebudayaan lokal juga beragam keunikan serta ciri khas yang ada, sesungguhnya memperoleh pesona yang amat kuat. Pelestarian budaya bakal memungkinkan masyarakat asli maupun pengunjung demi memperlajari kearifan lokal yang termuat pada dalamnya. Dan bahkan pesona kebudayaan lokal bukan jarang menjadi salah satu daya tarik bertamasya. Dalam Pulau Lombok misalnya, pulau dengan suku asli Sasak ini memperoleh beragam budaya unik. Beberapa diantaranya adalah budaya hasil dari akulturasi dengan budaya Bali dengan Jawa.



Kebudayaan masyarakat Sasak Lombok memang tidak berhasil dipisahkan dari pengaruh kebudayaan Bali dan Jawa. Sesuatu tersebut dengan dipertegas juga latar belakang historis yang menjelaskan jika kerajaan Bali pernah berkuasa satu kota season 1678 sesudah 1849. Dengan memperhatikan rentang kondisi yang cukup lama kekuasaan Bali menghadapi Lombok maka tidak aneh bahwa akulturasi dua kebudayaan, yakni penduduk lokal dengan Bali melahirkan sebuah kebudayaan baru dalam kehidupan sosial etnis sasak. Contohnya dalam bidang seni tradisional Cepung, dimana tampak kedua budaya saling tarik-menarik dengan melengkapi seorang serupa lain.



Berpatokan pada catatan Van der Kraan, pengaruh luar yang masuk menuju dalam kebudayaan Sasak dan dari dari Jawa. Suatu itu ditandai dengan masuknya agama Islam dalam sistem kepercayaan kehidupan masyarakatnya. Bentuk percampuran dua budaya tersebut kelihatan tambah pada komponen nonmaterial pada bidang seni semacam Kesenian Tari Rudad, Gamelan Rebana, Wayang Sasak dengan Cilokaq.

Berikut kebudayaan lokal masyarakat Sasak Pulau Lombok lainnya.




  • Sistem Kepercayaan serta Bahasa




Pada bersua sudah dikatakan kalau kebudayaan mempunyai segala komponen, salah satunya ialah sistem kepercayaan. Sebagian besar masyarakat sasak menganut agama Islam. Agama kedua ternama yaitu Hindu yang dominan dianut oleh-oleh warga keturunan Bali. Berbagai penduduk keturunan Cina menganut Kristen, dengan sebagian lagi menganut Budha.



Untuk komunikasi sehari-hari, Bahasa yang banyak dipakai merupakan bahasa Sasak. Namun di beberapa tempat Lombok semacam pada kotamadya Mataram berada bermacam perkampungan yang memakai bahasa Bali.



  • Tradisi Pernikahan Sasak




Contoh budaya Sasak yang lain nampak dalam aktivitas nyongkolan, yakni satu diantaranya rangkaian dari upacara pernikahan. Nyongkolan berupa arak-arakan rombongan pengantin dari rumah mempelai pria menuju rumah pengantin wanita. Rombongan pengantin itu bakal diiringi dengan tabuhan musik tradisional Sasak yang dimaksud Gendang Beleq. Proses itu biasanya ditemui menjelang sore dalam hari Sabtu juga Pekan.



Adapun tetabuhan Gendang Beleq dimaksudkan untuk iring-iringan menarik pandangan rakyat sehingga target nyongkolan terwujud yakni memperkenalkan pasangan pengantin kepada publik tetangga. Selain ini, Gendang Beleq dan berguna untuk mengiringi acara ngurisang (potong rambut bayi), ngitanang (sunatan), begawe beleq (upacara besar), maupun untuk aktifitas festival mirip ulang musim kota atau provinsi. Sementara di zaman dulu, Gendang Beleq bermanfaat sebagai musik perang yang mengiringi ksatria Lombok ketika berangkat atau pulang dari medan laga.



  • Gendang Beleq


gendang beleq


Gendang Beleq adalah salah satu kesenian tradisional yang sudah tetap lama berkembang dengan dikenal juga maksimal menurut masyarakat suku Sasak. Dalam perjalanannya, kesenian tradisional Gendang Bedeq sudah mengalami pasang surut perubahan. Bahkan, dengan kemajuan yang sangat pesat dalam akhir-akhir tersebut, kesenian tradisional Gendang Beleq telah tumbuh kembali jadi kesenian yang sangat tenar di semua lapisan publik suku Sasak.
Kesenian Gendang Beleq sudah hadir dan fungsi ialah pelengkap kebudayaan serta jadi salah satu sarana pengungkap makna-makna luhur kebudayaan. Pada bagian lain, kesenian Gendang Beleq memiliki potensi yang amat besar sebagai alat pendidikan buat rakyat dengan sebagi satu diantaranya sumber devisa untuk kalangan yang dan sendirinya mampu pula meningkatkan taraf hidup semua seniman pendukungnya.
Nama kesenian Gendang Beleq dibawa dari satu diantaranya alat musik yang dipakai merupakan dua buah gendang berukuran besar juga panjang. Bentuk kesenian tradisional Gendang Beleq yang kita peroleh waktu telah berlalu yaitu perubahan bentuk dikarenakan pengaruh kesenian Bali yaitu Tawaq-Tawaq. Perubahan bentuk kesenian itu pertama kali sudah ada selingkungan musim 1800 M, ketika Anak Agung Gede Ngurang Karang Asem memerintah dalam gumi Sasak.



Sebelumnya, kesenian Gendang Beleq sekedar terdiri bertemu suatu Jidur (gendang besar yang berbentuk beduq), suatu gong serta hal suling. Begitu besar pengaruh kebudayaan Bali pada keadaan tersebut, sehingga peralatan kesenian itu berkembang sesuai juga media yang dipakai di kesenian tawaq-tawaq. Akan tetapi, agar tak meninggalkan nilai-nilai Islam, seluruh seniman suku Sasak pada kondisi ini sangat mempertahankan bentuk gendang besar yang menyerupai beduq yang digunakan di masjid. Selain tersebut, jumlah personil yang dipakai pun dibatasi dalam jumlah 13 atau 17 orang member. Bilangan itu memperlihatkan bilangan rakaat pada shalat. Begitu pula dengan tata cara memainkan media ini yaitu implementasi dari pelaksaan shalat berjamaah juga tuntunan hidup bermasyarakat juga nilai-nilai keislaman.



Sebuah grup gendang beleq biasanya terdiri dari 15 - 17 orang yang biasanya para laki - laki. Gendang beleq sebenarnya sebagai satu diantaranya instrumen yang ada di tarian ini. Dimaksud gendang beleq sebab salah satu musiknya merupakan gendang beleq (gendang besar). Gendang beleq (gendang besar ) tersebut biasanya terbuat dari kulit sapi, besi tua serta kayu yang panjangnya mampu mencapai makin dari satu meter dengan disandang di pundak dua pemain.



Di umumnya gendang beleq (gendang besar) dicat hitam putih dan pola kotak - kotak. Pada Pulau Lombok kedua warna ini memang memiliki ungkapan simbolis. Hitam yaitu lambang keadilan sedangkan putih ialah lambang kesucian. Selain ini, hitam begitu juga diibaratkan ialah dunia serta putih diibaratkan adalah langit yang keduanya merupakan penampilan yang mesti tetap ada pada kehidupan manusia



  • Tari Rudat


Tari Rudat


Tari Rudat yaitu sebuah tari tradisional yang masih sangat banyak terdapat di Pulau Pulau Lombok. Dibawakan oleh 13 penari yang berdandan semacam prajurit. Berbaju lengan panjang warna kuning, celana sebatas lutut warna biru, berkopiah panjang seperti Aladin warna merah yang dililit kain warna putih atau akrab dimaksud tarbus. Merekapun dipimpin tapi satu komandan yang mengenakan kopiah mirip mahkota, lengkap dengan pedang pada tangan.



Biasanya tarian itu dibawakan dalam saat upacara khitanan, katam Al Quran, Maulid Nabi peringatan Isra Mi’raj, juga peringatan hari-hari besar Islam lainnya.



Tari Rudat ditarikan sambil menyanyi dan lagu yang melodi dan iramanya seperti lagu melayu. Syairnya berada yang berbahasa Arab juga ada pula yang berbahasa Indonesia. Tari Rudat diiringi sejumlah alat musik rebana yang terdiri dari jidur, rebana, dap, mandolin dan biola. Gerak tarian rudat ialah gerak seni bela diri pencak silat yang menggambarkan sikap waspada dan siap siaga prajurit Islam tempo dulu.



Itulah sebabnya, merekapun sangat banyak menggunakan gerakan tangan juga kaki. Kadang tangan diayun kiri kanan, kadang mirip gelombang, tetapi di ketika lain mereka melaksanakan gerakan memukul dan menendang.



Sesungguhnya asal-usul kesenian rudat sementara selalu menanggapi demikian jelas. Sebagian berpendapat, kalau kesenian rudat itu ialah perkembangan dari zikir zaman serta burdah, merupakan zikir yang disertai gerakan pencak silat. Burdah merupakan nyanyian yang diiringi seperangkat rebana ukuran besar.



Pendapat lain membicarakan, konon tari ini dari dari Turki yang masuk bersama penyebaran agama Islam dalam Indonesia di masa XV. Itulah sebabnya, tarian tersebut kentara sekali warna Islamnya, terutama pada lagu serta musiknya. Dalam Pulau Lombok Timur dapat kita temui juga saksikan hampir di para Kecamatan.



  • Seni Bela Diri Perisaian


peresean


Kesenian tradisional Sasak yang cukup dominan mendapat sorotan ialah budaya Perisaian. Walaupun di zaman dulu perisaian dipakai sebagai tarian pemanggil hujan, sekarang perisaian sudah berkembang jadi sesuatu pertandingan seluruh kalangan yang terorganisir pada bentuk acara perlombaan yang dilakukan dari level desa, setelah kabupaten. Seni bela diri ini menikmati penjalin (rotan) yaitu senjata serta ende (perisai) yang terbuat dari kulit rusa atau sapi. Pemainnya disebut pepadu, terdiri dari 2 orang remaja atau dewasa yang kemudian berlaga nalar. Tanda kemenangan melawan rival dari seorang pepadu merupakan jikalau dapat memukul saingan dibagian kepala setelah bocor (meneteskan darah).



Kain Rarang Tenun khas Pulau Lombok di Pengrajin Desa Sukarara yaitu desa penghasil kerajinan tenun songket Lombok yang populer. Lokasinya ada pada luar jalur cara tempat, Kecamatan Jonggot, Lombok Tengah. Perjalanan menuju desa itu berhasil ditempuh memanfaatkan angkutan umum dari Bertais ke Praya serta turun ketika menjelang sampai di Puyung. Selanjutnya mampu dan juga menggunakan jasa ojek ke Sukarara. Desa itu berjarak satu kota 25 km dari kota Mataram. Disarankan, jika berkunjung ke desa itu sebaiknya menikmati kendaraan pribadi atau sewaan, mengingat angkutan umum yang jarang demi ditemui.



Seperti dilihat dulunya bahwa Sukarara adalah sentra penghasil songket terhebat pada Lombok. Suatu tersebut telah jadi bagian dari komoditi setelah merambah pasar luar negeri. Tenun songket adalah kain tenun yang dibuat juga teknik menambah benang pakan juga hiasan-hiasan dari benang sintetis berwarna emas, perak, dengan warna lainnya. Hiasan itu disisipkan di diantara benang lusi. Terkadang hiasan mampu berupa manik-manik, kerang, ataupun uang logam.



Setibanya pada Sukarara, maka pengunjung akan langsung disambut oleh kaum perempuan berpakaian tradisi Sasak. Mereka dengan sigap mendemonstrasikan kemampuan merekapun pada menenun. Bermacam toko biasanya memperlihatkan sajian teknik-teknik menenun kain songket, suatu tersebut sukses langsung di cermati oleh segala pengunjung. Teknik-teknik itu adalah teknik tradisional sederhana yang masih ditemui menurut pengrajin, yakni mulai dari mengolah benang (memanfaatkan pemberat yang diputar-putar serta jari-jari tangan, pemberat ini berbentuk seperti gasing terbuat dari kayu), sampai jadi selembar kain yang berwarna warni. Pengunjung yang berminat pun sukses turut dan mencoba menenun seperti perempuan-perempuan sasak tersebut.



Kain tenun rata-rata dikerjakan di rumah (home industry). Hampir setiap rumah memperoleh media tenunnya juga. Tetapi, profesi penenun hanya dilakoni tetapi kaum perempuannya saja, sedangkan para pria bekerja merupakan petani di sawah. Ada hukum adat unik terkait songket ini, kaum perempuan yang berharap menikah diwajibkan demi memberi kain tenun buatannya juga bagi pasangan. Jika mempelajari sukses mencetak tenun songket, maka perempuan ini tak boleh menikah. Tetapi, seandainya nekat hendak menikah dan, maka perempuan tersebut akan dikenakan denda. Denda dapat berupa uang maupun hasil panen padi.



Motif-motif songket yang dimunculkan pun amat beragam, diantara lain motif ayam, motif kembang delapan, motif kembang 4, motif begambar tokek yang merupakan simbol faktor luck, motif pakerot yang berbentuk horizontal, motif trudak yang berwarna violet, dengan selalu banyak lagi. Masing-masing motif memiliki maknanya sendiri-sendiri.
Desa Sukarara dengan memproduksi tenun ikat. Bahan tenun ikat amat sederhana yakni terbuat dari bahan katun. Momen produksi tidak memerlukan momen yang lama, cukup seorang hari penenun berhasil menuntaskan tenun ikat selama 3 meter. Biaya tenun ikat juga bervariasi terserah bahan pewarna kainnya, bila terbuat dari pewarna kimia maka dibanderol dari harga Rp.100.000-an, sedangkan kain yang terbuat dari pewarna alami maka biaya dipatok dikisaran Rp.150.000-an.



Untuk biaya tenun songketnya pun bervariasi sesuai juga ukuran, level kesulitan, serta bahan baku yang digunakan. Paling murah didapati biaya Rp.50.000 demi ukuran taplak meja kecil, sementara untuk selendang, syal, juga ikat kepala berhasil dibanderol harga satu kota Rp. 100.000. Kain tenunan yang dikombinasikan dengan benang emas dapat bernilai sekota Rp.satu,5 jutaan setelah Rp.2,5 jutaan.



  • Kuliner Pulau Lombok





Ciri yang menonjol pada menu-menu masakan Pulau Lombok yaitu citarasanya yang pedas. Tersebut dikarenakan berbagai menu terkenal semacam Nasi Puyung, Pelecing Kangkung, Pelecing Manok dengan Ayam Taliwang sungguh didominasi oleh rasa pedas.



Tapi berada juga menu lain yang manis mirip jajanan Kelepon Kecerit. Jajanan yang terbuat dari tepung beras dengan gula merah ini dewasa ini berwarna hijau dengan berbentuk bola. Berada sensasi ledakan minor yang membuat cairan gula merah di dalamnya muncrat (kecerit) saat digigit. Menu khas lain adalah Ares yang berulang ditemukan pada acara-acara begawe (pesta/upacara besar). Ares terbuat dari hati batang pisang yang paling muda, dipotong minor selanjutnya diberikan bumbu. Selain sebab memakai ragi beleq, yakni istilah bumbu lengkap dalam ragian Sasak, Ares serta membutuhkan proses memasak yang cukup lama. Itulah sebabnya menu tersebut kadang cuma ditemui pada acara-acara tertentu mirip pernikahan, kelahiran maupun kematian.

15 Kuliner khas Pulau Lombok Tidak Boleh Terlewatkan

Wisata Kuliner Lombok

Jalan-jalan tanpa makan-makan semacam bumbu tanpa Garam. Jalan-jalan menuju pulau Pulau Lombok, memilah tidak lengkap seumpamanya bukan mencicipi berbagai macam Kuliner Lombok yang siap memanjakan lidah anda. Pulau Pulau Lombok memperoleh beraneka beraneka kuliner khas yang mesti dicicipi tapi semua traveler yang mengunjunginya. Makanan khas Pulau Lombok populer serta ciri khas rasa pedas, sebab kebanyakan Publik dalam pulau lombok menciptakan cabe Rawit merupakan bahan dasar setiap tontonan masakan mereka.

15 Kuliner Pulau Lombok Yang Tak Boleh Terlewatkan Semua Pelancong

1. Pelecing kangkung.


Pelecing merupakan makanan khas rakyat Pulau Lombok yang terbuat dari kangkung khas Lombok. Kangkung Pulau Lombok mempunyai tekstur yang agak besar. Rasa kangkung Pulau Lombok berbeda dan kangkung pada luar. Cara pembuatan pelecing sebagai serta merebus kangkung hingga matang serta dalam suir-suir memanjang. Setelah tersebut dicampur dan sambal tomat yang pedas. Bumbu sambal tersebut adalah cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi Pulau Lombok, dengan perasan jeruk purut. Rasa terasi Lombok yang mencetak rasa sambal pelecing sangat nikmat disantap dengan nasi putih.
Pelecing bisa anda nikmati pada sebagian besar restaurant di Pulau Lombok tetapi demi kalangan kota Mataram anda bisa uji pelecing di Cara Majapahit. Buat saya, rasa pelecing dalam sana sangat nikmat juga sensasi pedas yang susah anda lupakan.

2. Kelaq Batih


Kuliner khas Lombok satu ini sudah jarang dijangkau dalam restoran atau rumah makan di Pulau Lombok. Bahan nomor satu kelaq batih sebagai biji buncis yang telah tua dicampur juga daun singkong muda. Kekhasan rasa dari kelaq batih letaknya pada bumbu rempah-rempah yang dipakai atau jikalau dalam bahasa sasak disebut ragi beleq.
Ragi beleq terdiri dari merica, ketubar, jahe,lengkuas, sedikit kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dengan penyedap (opsional).
Trik memasak kelaq batih cukup mudah yaitu dengan merebus biji buncis yang telah tua setelah empuk. Masukkan bumbu yang terlebih dahulu sudah ditumis. Menumis bumbu sebaiknya memanfaatkan minyak kelapa agar aroma juga rasanya lebih sedap. Selanjutnya masukkan daun singkong. Tunggu hingga daun singkong matang, selanjutnya hidangkan dengan nasi hangat.

3. Sate Bulayak


Sate bulayak adalah makanan khas Pulau Lombok yang terdiri dari sate dengan bulayak. Bulayak mempunyai tekstur mirip ketupat, tapi serta bentuk bulat memanjang. Keunikannya ialah bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Kekhasan sate terletak di bumbu yang dipakai.
Sate biasanya menikmati bumbu kacang, tetapi sate bulayak memakai bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri. Sate bulayak bisa anda temukan dalam sepanjang tindakan udayana kota Mataram, pada Taman Hutan Suranadi Pulau Lombok Barat, di Pantai Senggigi Lombok Barat.

4 Nasi Puyung



Nasi puyung ialah nasi campur serta kekhasan rasa pedas level tinggi. Satu porsi nasi puyung terdiri atas nasi putih, sambal daging, biji kedelai goring, kentang goreng kremes, dan sambal. Keunikan rasa nasi puyung terletak di sambal pedas juga bumbu khas suku sasak. Nasi puyung berhasil anda nikmati di desa puyung kabupaten Pulau Lombok Tengah. Jika bukan sempat ke sana, kita bisa menikmati nasi puyung pada warung nasi puyung yang berada pada depan Bandara Dunia Pulau Lombok.

5. Nasi sukaraja


Nasi sukaraja yaitu nasi campur yang hanya sukses dijangkau pada desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Seorang porsi nasi campur terdiri dari berbagai macam lauk yang sukses anda pilih. Menu khas suku sasak yang membedakan yaitu campuran olah-olah. Olah-olah adalah sayuran yang dimasak juga bumbu khusus dengan dikasi santan kental.
Nasi sukaraja tetap di cintai karena masih mempertahankan strategi memasak tradisonal menikmati tungku tanah dan kayu bakar. Cara masak itu amat mempengaruhi rasa serta aroma masakan.

6. Sate Tanjung


Sate tanjung yaitu sate ikan juga rasa yang amat nikmat. Bumbu yang dipakai yaitu bumbu khas juga rasa pedas manis. Sate tanjung di sajikan bersama lontong, urap sayur atau pelecing kangkung. Keunikan dari sate tanjung adalah penyajiannya di bertemu opak yang terbuat dari singkong. Sate ini mampu dijangkau pada daerah tanjung, Lombok Utara.

7. Ares


Ares adalah sayur khas kuliner lombok yang terbuat dari pohon pisang muda. Pisang yang dipakai ialah pohon pisang kapok. Juga memakai bumbu khas, ares menjadi sayur yang diwajibkan kita nikmati apabila mendatangi Lombok. Sebelumnya ares sekedar sukses dinikmati adalam acara-acara kebiasaan saja. Tetapi, kini anda bisa memakai ares di warung-warung makan dalam Pulau Pulau Lombok.

8. Kelaq Sebie


Sebie pada bahasa sasak Pulau Lombok artinya cabe. Kelaq sebie adalah kuliner khas Pulau Lombok yang sangat pedas karena bahan utamanya merupakan cabe rawit hijau. Untuk memasak kelaq sebie kita memerlukan cabe rawit hijau tetangga satu kilogram. Cabe rawit hijau dipotong-potong agar rasa pedasnya keluar. Bumbu yang digunakan sebagai bawang merah, bawang putih, terasi, garam, penyedap (opsional) juga santan kental.
Selain cabe rawit hijau, kelaq sebie bakal terasa amat sedap jikalau ditambahkan ikan tongkol, terong, kacang panjang. Metode memasaknya sangat tidak ribet yaitu dengan memasukkan para bahan dengan bumbu lalu dimasak setelah matang. Kelaq sebie terasa makin mantap seandainya dimasak makin lama sampai kuah santannya tersisa selalu kental.

9. Ayam Taliwang


Ayam taliwang ialah salah satu kuliner Lombok yang telah sangat terkenal. Ayam utuh yang dilumuri bumbu khas kemudian dibakar atau digoreng. Berada banyak restoran ayam taliwan yang dapat kita temukan terutama di negara saying-sayang kota Mataram. Selama cara berderet restoran ayam taliwang pada kalangan itu.

10. Sate rembige


Sate rembige mempunyai kekhasan rasa bumbu yang kuat. Ada tiga pilihan sate yang dapat dinikmati merupakan sate hati sapi, sate daging, dan sate pusut. Sate rembige disajikan bersama lontong. Kita sukses memakai sate tersebut di negara rembige, kota Mataram.

11. Kelaq Lebui




Lebui kelaq pangkes atau berada yang menyebutnya lebui kelaq sebie sebagai biji kedelai hitam yang dimasak dan bumbu kuah asam. Rasa pedas dengan asam tetap nikmat jika makan juga nasi hangat. Sukses kita nikmati pada warung-warung makan di pulau Lombok.

12. Beberuq terong


Terdapat 2 versi beberuq terong yaitu ada yang memanfaatkan terong bulat mentah da nada yang menggunakan terung panjang yang dibakar. Terung mentah yang pada iris kecil-kecil,kemudian dicampur juga sambal tomat pedas. Kalau menggunakan terong bakar, setelah agak dingin terong bakar ini dalam suir-suir memanjang. Bumbu yang dipakai sama rata dengan bumbu pelecing. Hampir para warung makan pada Pulau Lombok menampilkan beberuq terong.

13. Ikan bakar pantai nipah.


Ikan Bakar pantai nipah, kuliner lombok ketika mengunjungi pantai-pantai di Pulau Lombok. Memanfaatkan ikan bakar sambil melongok keindahan pantai nipah sebagai sesuatu yang tidak boleh anda lewatkan jikalau menuju Pulau Lombok. Selama alternatif dari bukit malimbu setelah pantai nipah akan kamu temukan seluruh penjual ikan bakar. Biasanya ikan bakar disuguhi bersama nasi, pelecing, dan beberuk.

14. Kelaq Kelor


Kelor ialah sayuran yang tetap enak seumpama dimasak adalah sayur bening. Mungkin pada tempat lain susah menemukan masyarakat yang memakan daun kelor karena biasanya digunakan saat memandikan mayat. Akan tetapi, untuk masyarakat Lombok sayur kelor jadi salah satu sayuran khas yang sering dimakan bersama nasi putih dan sambal terasi khas Lombok. Di Lombok timur terdapat warung makan kelor yang senantiasa menyajikan kelaq kelor sebagai menu utamanya.

15. Aneka jajan khas Pulau Lombok


Aneka jajan tradisonal khas Pulau Lombok semacam kelepon, ore, banget, lempok, lupis, serapat, dll adalah pilihan cemilan yang berhasil anda nikmati dalam Pulau Lombok. Jajan tradisonal sukses ditemukan disemua pasar tradisonal dalam Pulau Lombok.